Wednesday, July 11, 2012

Berbekal

Fatazawwaduu.. fainna khairazzad attaqwa...
Berbekallah, sesungguhnya bekal yang terbaik adalah taqwa... (Al-Qur'an)

.. bu roti-roti masih anget, persiapan masuk tol nanti gak berenti lagi...
.. air-air pa, persiapan biar ga haus...
..arulen-ulen, haraneut keneh, tamba lapar...

Hehe, seneng rasanya bisa berperjalan menaiki bis ke luar kota, banyak pengalaman, pemandangan dan ilmu hikmah luar biasa yang bisa didapat. Ucapan kalimat diatas biasa terdengar di dalam bis dari para pedagang pengasong makanan.

Kemarin saya berperjalanan ke kota Banjar dalam rangka menengok kakak yang Alhamdulillah baru saja melahirkan. Di dalam perjalanan tersebut saya menemui hal menarik. Ada sebuah ilmu yang saya dapatkan ketika perjalan kemarin, yaitu ilmu berbekal.

Luar biasa ternyata ketika sebagian orang berbekal makanan untuk menempuh perjalanan jauh, maka Allah menyuruh kita untuk berbekal dengan bekal takwa dalam rangka menempuh panjang dan sulitnya kehidupan ini.

Ya, bis kehidupan yang kita sedang tempat dan kita berada didalamya, harus terus berjalan menempuh panjangnya jalan kehidupan menuju tujuan terminal atau akhir hidup kita nanti. Maka sebaik-baik penumpang dan sepandai-pandainya pelaku perjalanan hidup tersebut adalah orang yang bisa berbekal dengan perbekalan yang baik, dengan makanan penyokong keberlangsungan hidup jasad kita, dan bekal takwa bagi ruhan serta jasad kita, agar kita selamat dan lancar sampai akhir tujuan nanti.

Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah untuk bisa mengumpulkan bekal taqwa agar bisa menjalani kehidupan ini dengan baik. Aamiin.

Wallahu'alam.

Published with Blogger-droid v2.0.6

No comments: