Wednesday, December 12, 2018

Anti Mainstream

Sebuah pekerjaan jika dilakukan seperti itu-itu saja ia akan menjenuhkan namun jika dilakukan dengan hal yang berbeda ia akan menjadi mengasyikkan.

Ya, itu yang saya dapatkan ketika mengikuti ratekda BPS provinsi banten pada tanggal 8-12 desember 2018 kemarin di hotel grand soll marina tangerang. BPS provinsi banten berani melakukan hal yang berbeda dalam penyelenggaraan ratek. Ratek yang biasanya hanya berupa pertemuan formal rapat yang menjemukan,  namun pada pertemuan ratekda kemarin pertemuan rapat itu dibuat berbeda dengan nuansa yang unik.

Dari mulai backdrop yang dibuat berbeda,  dimana backdrop memuat foto pimpinan bps provinsi banten dengan mengenakan pakaian santai yaitu berbalut jaket kulit.  Biasanya backdrop rapat hanya tulisan biasa yang menjemukan namun pada ratek itu tulisan rapat di buat seperti cover sebuah film.

Lalu isi acara dibuat menarik dengan menampilkan MC yang interaktif,  dimulai dengan nyayian, pantun bahkan bisa juga mengajak peserta untuk bermain games.
Selain itu kemasan multimedia berupa animasi dan pemutaran video unik membuat acara tersebut semakin menarik dan tidak membosankan.

Paparan yang disampaikan pimpinan bps banten pun dibuat berbeda, tidak ada meja untuk persentasi, pimpinan dibuat untuk berdiri dalam menyampaikan materinya tentunya dengan materi yang dikemas apik. Oya setiap pemateri masuk ada lagu lucu yang selalu mengiringi mereka. Kereeen

Ada lagi yang membuat acara ini semakin bermakna yaitu tampilnya narasumber terkait tema rapat ini yaitu statistik pertanian,  yaitu Bapak Prof Hermanto Siregar. Beliau mengupas dengan apik potensi pertanian dibanten. Kita terpesona dengan pemaparan beliau meskipun sebenarnya data kita yang dipakai beliau untuk dipapaparkan yaitu sebagian besat dari data Sensus pertanian. Hal ini menjadi tambahan motivasi betapa data bps sangat dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan khususnya pertanian dalam hal ini.

Dan terakhir yang membuat ratekda ini lebih asyik yaitu kebersamaan atau rasa guyub dan kekeluargaan Yang ada pada pegawai bps provinsi. Melepas ibu lilis yang pensiun, serta pa Anang dan pa Jaih yang pindah tugas ke tempat yang baru.

Sukses bps provinsi banten...

No comments: