Friday, August 17, 2012

Ramadhan is dead...

Jika ingin melihat ramadan lebih cepat berakhir daripada biasanya, maka datanglah atau lakukan perjalanan mudik di beberapa hari menjelang lebaran. Niscaya akan nampak banyak orang yang makan dan minum ketika itu.

Semangat Ramadhan nampaknya sudah tidak lagi hinggap dibenak para pemudik. Niatan para pemudik adalah ibadah lain nampaknya. Ya, mereka lebih mementingkan semangat ibadah silaturahim. Padahal sayang sebenarnya lebaran belum tiba dan ramadhan masih menyapa dihadapan.

Mudah-mudahan orang yang diperjalan itu yakin bahwa ketika yang mereka lakukan makan dan minum itu adahah mengambil rukhsah atau keringanan yang memang Allah berikan ketika hambanya berperjalanan. Dan diberikan kekuatan untuk melakukan puasa penggganti dibulan lain nanti sesudah bulan ramadhan.

Meskipun sebenarnya dalam alquran Allah swt memberikan gambaran bahwa kita boleh meninggalkan puasa, namun akan lebih baik bagi kita jika kita tetap melaksanakan ibadah puasa. QS AlBaqarah ayat 184.

Semoga Allah beri kekuatan kepada kita untuk mampu menghidupkan terus semangat ramadhan kita hingga hari berakhirnya ramadhan nanti. Semoga Allah menjadikan kita orang yang tergolong orang yang besemangat untuk mendapatkan yang terbaik dan semoga allah berikan kita keistiqamahan untuk menjalankan terus amal ibadah yang diperintahkan oleh Allah swt. Aaamiin..

Published with Blogger-droid v2.0.6

No comments: