Tuesday, April 29, 2008

Kretaku tak berhenti lama.... (2nd Edition)

"kasian mereka bu, sudah sangat pagi sekali bangun kemudian berangkat...
Kita mungkin baru saja bangun, bahkan habis subuh bisa tidur lagi, kemudian baru berangkat..."

kalimat diatas pernah beberapa kali saya dengar ketika menaiki kereta listrik jabotabek dipagi hari. seorang bapa yang juga jadi penumpang setia kereta mengucapkan hal itu ketika berdesakannya penumpang kereta.

Masya Allah, kereta listrik pagi hari memang sarat dengan hikmah. tentunya sarat juga dengan manusia yang pagi-pagi sudah berangkat mencari penghidupan. Penumpang yang sarat, penuh dan berdesakan itu yang ternyata menyertakan hikmah mulia tentunya dari penumpang yang memang berhati mulia.

Penumpang yang naik distasiun paling belakangan dilalui kereta memang selalu mendapatkan bagian sisa dari tempat duduk di kereta. Bisa dibayangkan kereta yang sudah cukup pendek, ditambah dimasuki oleh beratus orang penumpang dari lebih dari 2 stasiun. Berdiri, bergelantungan, bahkan sampai naik diatas mereka lakukan demi sampai ditempat tujuan. Penumpang yang sudah masuk dari stasiun sebelumnya? bisa dengan tenang masuk dan duduk selama perjalanan.

Subhanallah, salah satu jawaban dari masalah perkeretalistrikan di jabotabek ini, memang masih cuma satu. yaitu kesabaran dan kearifan penumpangnya. Bapak penumpang yang naik belakangan tadi, yang mulia hatinya, dan perilaku disiplin penumpang yang lainnya yang mugnkin masih bisa membuat kereta listrik tersebut bertahan.

Saya, juga pengguna setia kereta listrik pagi hari, juga pernah berkhayal suatu ketika penumpang yang naik distasiun lebih awal memberikan kesempatan semuanya untuk duduk kepada penumpang yang naik belakangan, mudah2n bisa terwujud, setidaknya jika sekarang sebagian penumpang membagi dua perjalanan untuk duduk. distasiun tertentu yang sudah pertengahan perjalanan, mereka berdiri kemudian memberi kesempatan duduk kepada yang berdiri.

***

Allah muliakan orang yang sudah menunaikan kewajibannya untuk bekerja dan beribadah hanya kepada MU
Luruskan niat dan kokohkan keyakinannyan hanya kepada Mu
Jadikan rizkinya halal, baik dan banyak dan bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan agamanya

aamiin...

No comments: